Berdamai dengan Keterbatasan


Oleh: Fitri A.B.

Seringnya begitu. Keterbatasan menuntut kita untuk ekstra dalam banyak hal. Namun, keterbatasan pula yang mengajarkan kita untuk jadi manusia efektif dan efisien. Pandai menyikapi hal-hal yang sebenarnya tak perlu menjadi masalah atau menyikapi masalah dengan sederhana.

Keterbatasan bukan berarti berkekurangan. Keterbatasan hanya satu kondisi dari banyak kondisi dalam hidup ini yang membuat kita mengerti tentang hidup. Keterbatasan harusnya mengantar seseorang pada kebijaksanaan. Lihat saja keterbatasan yang dialami oleh para tokoh atau ulama besar saat mereka berada dalam penjara. Mereka melahirkan karya-karya besar karena mereka menganggap penjara bukanlah keterbatasan yang membuat mereka diam saja. Ada Sayyid Quthb dengan Tafsir Fi Zhilalil Qur’an, Soekarno dengan Indonesia Menggugat, Tan Malaka dengan Dari Penjara ke Penjara, dan lain sebagainya.

Zaman yang sudah canggih ini anehnya membuat kita sulit berkompromi dengan keterbatasan. Keterbatasan menakut-nakuti kita menjadi orang yang ketinggalan zaman dan tidak update. Sebenarnya kita tak pernah dalam keterbatasan jika kita mampu melihat karunia dan kebahagiaan yang kita miliki saat ini. Ada baiknya kita melihat ke atas sebagai motivasi, ke bawah sebagai penambah rasa syukur bahwa sebenarnya kita perlu memiliki rasa syukur yang unlimited.

Nah, jadi kalau kita kebetulan ada di kondisi dengan kuota internet yang terbatas tapi smartphone kita bisa dipakai untuk upload tulisan yang bermanfaat, pandai-pandailah kita memanfaatkannya. Selepas tulisan itu diupload lahirlah kebaikan dan manfaat yang tak terbatas. The unlimited kindness. Selamat menulis. Selamat berdamai dengan keterbatasan. =)

“Biarkan orang lain menjalani kehidupan
yang kecil, tetapi kamu jangan!
Biarkan orang lain memperdebatkan
soal-soal kecil, tetapi kamu jangan!
Biarkan orang lain menangisi kepedihan-
kepedihan kecil, tetapi kamu jangan!
Biarkan orang lain menyerahkan masa depan
mereka kepada orang lain, tetapi kamu jangan!” 
(Habiburrahman El-Shirazy)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s