Allah, Kita dan Al-Qur’an


Oleh: Fitri A.B.

Al-Qur’an memang asyyifa’. Penyembuh segala luka. Peredam amarah. Jawaban untuk setiap tanya dan keluh kesah. Penguat hati yang sedang rapuh.

Ketika kita sekuat hati mendekatkan diri pada Allah, Dia pun mendekat kepada kita lebih dari yang kita upayakan. Dia sambut kita dengan segenap rahmat dan ampunannya yang tak pernah habis-habis meski sudah ia berikan kepada seluruh hamba-Nya. Ketika kita berjalan mendatangi-Nya, Ia tak jemu untuk berlari menjemput kita. Mendekat pada kita.

Membaca Al-Qur’an adalah satu wujud upaya yang bisa dilakukan untuk mendekat padaNya. Semacam ruang bagi kita untuk bisa berdialog denganNya. Pernah mengalami saat dimana kita membaca  suatu surah dan surah yang kita baca itu ternyata sesuai dengan suasana hati kita saat itu? Sehingga hati yang gelisah itu menjadi tenang, kekhawatiran reda dan hati semakin kuat. Seakan Allah sedang berbicara langsung dengan kita lewat surah tersebut. Menyenangkan sekali setiap kali ini terjadi.

Maka membaca Al-Qur’an juga sangat baik dan utama jika kita memahami maknanya. Baca ayat dan artinya. Pahami dengan setulus hati kita. Aku juga sedang membiasakan ini. Takjub sekali bukan melihat para imam di masjidil Haram yang menangis sambil melafadzkan ayat demi ayat dalam shalatnya? Bukan semata karena mereka orang Arab sehingga paham maknanya. Tapi karena mereka mencintai Allah dan Al-Qur’an.

Ah ya, semalam saat aku membaca surah Al-Ma’arij dan sampai di ayat ke 5 surah itu, aku merasa ayat itu menjawab apa yang kubutuhkan saat-saat ini.

 

فَاصْبِرْ صَبْراً جَميلاً

“Maka bersabarlah kamu dengan sabar yang baik.” (QS.Al-Ma’aarij: 5)

Beberapa kali aku pernah mengalami hal seperti itu. Membaca surah yang maknanya sesuai dengan suasana hatiku saat membacanya. Pasti kamu juga pernah kan? Maka, nikmat Tuhan yang mana lagi yang kita dustakan? 🙂

فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

“Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan.” (QS. Ar-Rahman: 13)

15 Agustus 2015

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s