It Is About My Resolutions At This Year


Oleh: Fitri A.B.

f32ā€œ…. Kapanpun berkomitmen untuk melakukan sesuatu, saya selalu menetapkan target. Selain menjadi jelas ukuran keberhasilan kerja kita, penetapan target juga ternyata membuat semangat semakin meningkat. Saya sudah merasakan bedanya, kerja dengan target dan kerja tanpa target.ā€ (Jamil Azzaini)

Bagi saya, membuat resolusi sama dengan merencanakan hal-hal besar dan indah dalam hidup. Kita yang lemah sebab hanya Allah yang Maha Besar, hanya bisa berencana. Tapi akan beda rasanya, ketika apa yang sudah kita rencanakan terjadi atas izin Allah dengan sesuatu yang sama sekali tidak kita rencanakan atau kita biarkan mengalir begitu saja. Iya kan? šŸ™‚

Hidup dengan target, entah itu kecil atau besar selalu punya suntikan semangat tak terkata. Target yang terukur dan bermanfaat untuk banyak orang pasti membuat yang punya target hidup sukses mulia. Teringat dengan kalimat pak Jamil Azzaini dalam buku ON, bahwa sudah saatnya setiap orang itu memiliki visi, bukan sekedar impian atau cita-cita. Sebab visi berbeda dengan impian atau cita-cita. Impian atau cita-cita manfaatnya hanya untuk yang punya cita-cita, tapi visi sudah pasti untuk banyak orang.

Well, tidak berpanjang-panjang kalimat, hehe. Sebenarnya ditulisan ini mau menumpahkan resolusi saya di tahun ini, tahun 2014. Sebelum menuliskan ini, saya sempat membaca tulisan beberapa orang tentang bagaimana membuat resolusi yang baik dan tidak asal-asalan, termasuk tulisan Pak Jamil Azzaini. Ya, seperti kata beliau, resolusi baiknya tidak jauh-jauh dari value dan passion yang ada dalam diri kita.

Pertengahan hingga penghujung tahun 2013 adalah masa-masa saya menemukan dan bertemu banyak hal baru di hidup saya. Bertemu dengan seseorang yang hebat yang pada akhirnya mempertemukan saya dengan orang-orang hebat lainnya dan akhirnya saya ada di dunia yang sama sekali saya tak pernah memikirkannya. Apa coba? šŸ˜€ Yang jelas, hal tersebut berpengaruh dengan resolusi saya di tahun ini.

Mana resolusinya? Ups, ok, check it out ya. šŸ˜€

Kalau ke bidang pekerjaan, saya sudah dapat 4 pekerjaan yang sesuai passion saya. Keempatnya saya mantapkan setelah tes STIFIn (tes sidik jari untuk menemukan mesin kecerdasan) dan mengikuti instruksi dalam tulisan Pak Jamil Azzaini tentang cara membuat resolusi. Keempat pekerjaan itu adalah penulis, konsultan/pakar pendidikan, dosen dan penerjemah. Tapi setelah ditelisik lebih jauh, saya masih harus lebih detail menjabarkan pencapaian-pencapaian dalam pekerjaan itu.

So, saya rubah menjadi begini. Di tahun ini, saya targetkan untuk menulis 2 buku solo. 1 kumpulan puisi saya dan satu lagi novel atau buku nonfiksi. Selain itu, saya targetkan untuk menulis 1 tulisan 1 hari lewat bantuan seorang rival dan pementor. Mudah-mudahan menjadi jalan yang memudahkan saya untuk bermanfaat buat banyak orang lewat tulisan-tulisan saya. Mudah-mudahan pula menjadi jalan saya untuk menjadi speaker atau trainer kepenulisan yang profesional. Aamiin ya Rabb.

Next is konsultan/ pakar pendidikan. Targetnya tahun ini saya akan mengisi pelatihan yang berhubungan dengan dunia pendidikan di 5 sekolah atau sebanyak 5 kali. Ngobrol atau sharing dengan 50 guru untuk memecahkan masalah mereka dalam mengajar dan mendidik. Sahhilna ya Rabb.

Menjadi dosen is my next vision. Menjadi dosen yang dekat dengan mahasiswa, objektif dan berkarakter. Dengan begitu, mudah-mudahan bisa menginspirasi banyak mahasiswa saya nantinya. Mudahkan, Allah.

Terakhir (sebenarnya bukan yang terakhir, sebab ada hal-hal lain yang sifatnya bukan pekerjaan yang menjadi target saya di tahun ini), sangat ingin menjadi penterjemah. So, usaha yang akan saya lakukan sekaligus menjadi target saya adalah mempelajari kembali grammar, memperbanyak hafalan kosakata (10 kosakata dalam 1 hari), dan menterjemahkan 20 text. Semangat, semangat. Bantu aku, Allah. šŸ™‚

Hal lain yang ingin saya capai di tahun ini adalah sidang tesis dan wisuda, menikah (punya suami yang sholeh dan mendukung/ bisa sejalan dengan resolusi saya. šŸ˜€ Pokoknya yang terbaik dari Allah), umroh bareng Ayah, Mamak dan adik-adik saya, ke Turki atau Jepang bareng suami :D, bisa bahasa Jerman dan menjadikan bahasa Inggris termasuk bahasa sehari-hari di rumah.

Well, untuk tahun ini, itu beberapa target saya. Semoga menjadi perencanaan yang tidak sia-sia, dimudahkan dan dibantu Allah pencapaiannya agar menjadi takdir yang manis. Aamiin ya Rabb. Mohon doanya ya teman. šŸ™‚

Iklan

2 thoughts on “It Is About My Resolutions At This Year

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s