Menjadi Penulis Perjalanan ala Gol A Gong


Judul Bucover teweku         : Te-We (Travel Writer)

Penulis                  : Gol A Gong

Penerbit                : KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)

Tahun Terbit      : Pertama, Februari 2012

Tebal                     : 103 Halaman

Menakjubkan. Itulah kata yang akan pembaca ungkapkan untuk menggambarkan kehebatan buku ini. Sebuah buku yang mengungkapkan tentang betapa serunya menjadi penulis perjalanan. Maka tak salah jika Christian Rahadiansyah (seorang editor in Chief Jalanjalan & Garuda inflight magazine) dalam testimoninya pada buku ini mengungkapkan bahwa buku ini menjadi satu-satunya buku yang mengulas cara menjadi travel writer. Karya Gol A Gong ini dapat memberi kontribusi signifikan bagi perbaikan kualitas tulisan pada buku-buku yang terbit kemudian, sekaligus menyediakan panduan bagi mereka yang hendak menekuni bisnis paling menyenangkan di Indonesia saat ini: berjalan-jalan sembari memanen uang.

Penulis buku ini yaitu Gol A Gong menuliskan bahwa penulis perjalanan adalah seseorang yang menulis catatan perjalanan dengan beragam sudut pandang, bisa tentang daerah tujuan wisata, keunggulan pariwisatanya, hotel, kebudayaan setempat atau tentang dirinya. Bisa juga catatan itu disertai dengan tips bagaimana ke sana, makan di mana, menginap di mana (hotel), dan tiket (bus, kereta, pesawat, kapal laut) yang murah. Syarat menjadi penulis perjalanan mudah saja: orang itu harus melakukan perjalanan (hlm. 10)

Lebih jauh, buku sederhana ini sebenarnya merupakan buku yang berisikan tentang pengalaman penulis selama melakukan perjalanan sambil menulis. Buku yang mengupas tuntas cara mudah menulis catatan perjalanan yang layak terbit, dari membuat blog sampai menulis novel. Terdiri dari 14 bab yang sangat menarik dan menginspirasi pembaca. Tentu tiap bab dipaparkan dengan sistematik, singkat, padat, dan jelas. Menariknya lagi, di tiap awal bab pembaca akan menemukan kutipan inspiratif yang berkaitan dengan penulis perjalanan. Misalnya kutipan pada halaman bab 4, halaman 25 dalam buku ini: “Dunia adalah sebuah buku dan mereka yang tidak melakukan perjalanan, hanya membaca satu halaman. (St. Agustinus) ”

Halaman akhir pada tiap bab pun menjadi sesuatu yang menarik dan istimewa bagi pembaca. Sebab pada halaman tersebut, penulis menuliskan intisari dari halaman sebelumnya menjadi sebuah tips dan kesimpulan yang memudahkan pembaca untuk semakin memahami inti dari tiap bab yang ada. Misalnya pada halaman akhir bab 2 dalam buku ini. Pembaca akan menemukan kesimpulan mengenai ciri-ciri penulis perjalanan, yaitu memotret lebih banyak daripada turis, senang berbicara dengan siapa saja, betah nge-net di kafe berhotspot gratis, mengambil rute yang tidak umum, ramah dan bisa bergaul dengan siapa saja, bersemangat mencoba hal-hal baru, dan lain-lain (hlm. 16).

Penulis buku ini sendiri pernah mengelilingi nusantara secara lifting (1986-1990)  dan di kenal sebagai penulis novel petualangan Balada si Roy. Bukunya yang lain yaitu Perjalanan Asia (1993) hasil perjalanannya di Asia (1990-1992) dan The Journey (2008) menjadi rujukan para petualang masa kini. Petualangan yang telah dilakukan penulis dan kepiawaian menulis penulis sendiri tentu saja membuat buku ini menjadi salah satu buku yang wajib dibaca, khususnya bagi pembaca yang sangat ingin menjadi seorang penulis perjalanan. Dan pada akhirnya, buku ini hadir untuk mengingatkan para pembaca bahwa sebuah perjalanan akan bermakna jika dituliskan. Pun menjadi motivasi bagi pembaca bahwa siapa saja bisa menjadi penulis perjalanan. (Fitri Amaliyah Batubara*)

*Pengurus FLP Sumut dan merupakan mahasiswa Pascasarjana UNIMED Program Studi Teknologi Pendidikan.

(telah terbit di Majalah Annida Online pada 25 Maret 2013: http://annida-online.com/artikel-7113-menjadi-penulis-perjalanan-ala-gol-a-gong.html )

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s